Kompas.com : Bambu Tada Sukses Bikin Meriah Festival Morotai 2019

Festival Morotai 2019 yang dilaksanakan di Lapangan Sail Morotai, Rabu (7/8/2019)

KOMPAS.com – Gelaran musik Bambu Tada dan Tari Kolosal Porimori sukses membuat Festival Morotai 2019 yang dilaksanakan di Lapangan Sail Morotai, Rabu (7/8/2019) lalu, berlangsung dengan sangat meriah.

Dengan dimainkan oleh 2.2124 pemain, atraksi musik Bambu Tada berhasil membuat para penonton merinding usai menyaksikannya.

Harmoninya pun semakin terasa saat instrumen lain, seperti gitar, gamelan Jawa, dan kaste alat musik tradisional khas Morotai ikut mengiringi atraksi tersebut.

Tak berhenti sampai di situ, penonton lanjut dibuat terpukau dengan pertunjukkan Tari Kolosal Porimori yang dibawakan 550 penari.

Tarian karya koreografer Eko Supriyanto tersebut merupakan gabungan dari lima tari tradisional Morotai, seperti Tari Cakalele, Soya-soya, Lalayon, Dana-dana dan Tari Musik Tada.

“Acaranya sangat keren, bikin merinding. Lima lagu dibawakan sekaligus, ada Tahun 42, Sengsara Ibu, Indonesia Pusaka, Tanah Airku, dan Morotai Negeri Ku,” ujar Eko.

Ditambahkan olehnya, pertunjukkan dua kesenian tersebut sekaligus membuat siapa pun yang menyaksikannya bangga karena Morotai adalah bagian terindah dari lndonesia Hal senada diungkapkan Bupati Morotai Benny Laos. Bahkan, ia berharap lewat festival ini, Morotai bisa lebih dikenal oleh Dunia.

“Morotai akan terus berkembang dengan adanya penataan kawasan, pembangunan, infrastruktur, serta peningkatan SDM. Saya yakin event ini akan mempercepat perkembangan sektor Pariwisata Morotai,”tuturnya.

Tak hanya kesenian Morotai, berbagai atraksi budaya dari daerah lain juga turut memeriahkan Festival Morotai 2019. Misalnya tarian Jawa, Papua, Bugis, dan Melayu yang menjadi representasi ragam suku yang ada di Morotai. Lewat rilisnya Kamis(8/8/2019), Ketua Tim Pelaksana Calendar of Events Wonderful (CoE) Esthy Reko Astuty mengatakan, Festival Morotai 2019 Land of Stories adalah pendatang baru di CoE Kementerian Pariwisata.

“Ajang ini sangat sukses digelar. Meski tahun ini adalah tahun pertama masuk dalam CoE Kemenpar. Tetapi mampu menyedot pengunjung untuk datang dan saksikan Festival Morotai 2019,” ungkapnya. Bahkan, Menteri Pariwisata Arief Yahya turut mengapresiasi terselenggaranya Festival Morotai 2019. “Selamat untuk Morotai. Aktraksi sudah sangat bagus. Aksesnya untuk tahun ini akan ada direct flight Internasional dan akomodasi terpenuhi di Morotai. Terus maju dan perkembanganlah Morotai menjadi destinasi kelas dunia,” pungkas dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Bambu Tada Sukses Bikin Meriah Festival Morotai 2019”.

https://travel.kompas.com/read/2019/08/08/121355627/bambu-tada-sukses-bikin-meriah-festival-morotai-2019?page=2.
Penulis : Hotria Mariana
Editor : Mikhael Gewati